Kontribusi Dosen Dalam Organisasi Profesi Terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Praktek

  • Yanti Haryanti Institut Nahdatul Ulama Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Dosen, Organisasi Profesi, Kompetensi Mahasiswa

Abstract

Peningkatan kompetensi mahasiswa merupakan salah satu tantangan utama dalam pendidikan tinggi, terutama dalam memastikan kesiapan mereka untuk memasuki dunia profesional. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa adalah peran dosen dalam organisasi profesi. Tujuan Keterlibatan dosen dalam organisasi profesi tidak hanya meningkatkan wawasan akademik, tetapi juga membuka akses ke jejaring profesional, peluang magang, dan penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan industri. Selain itu, pembelajaran berbasis praktik menjadi jembatan yang efektif dalam menghubungkan teori yang diajarkan di kelas dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metodologi yuridis empiris atau sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan dosen yang aktif dalam organisasi profesi, mahasiswa, serta perwakilan organisasi profesi, serta melalui studi dokumen kebijakan pendidikan tinggi dan standar kompetensi profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dosen dalam organisasi profesi berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa melalui berbagai mekanisme, seperti integrasi pengalaman profesional ke dalam pengajaran, fasilitasi magang, dan pemahaman etika profesi. Pembelajaran berbasis praktik terbukti menjadi metode yang efektif dalam menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dengan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dunia nyata. Dengan demikian, sinergi antara akademisi dan dunia profesional melalui organisasi profesi serta implementasi pembelajaran berbasis praktik dapat meningkatkan kualitas lulusan yang lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-31
How to Cite
Haryanti, Y. (2025). Kontribusi Dosen Dalam Organisasi Profesi Terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Praktek. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46-53. https://doi.org/10.46367/khidmah.v2i1.2359

Abstract Views: 16 | PDF Downloads: 8