Workshop Pengembangan Mindset Positif untuk Prestasi Akademik di Era Digital di SMA Ahmad Yani

  • Nisaul Barokati Seliro Wangi Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Indonesia
  • Anita Dwi Hapsari Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Indonesia
  • Rodli Rodli Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Indonesia
  • Buyun Khulel Universitas Islam Darul Ulum, Lamongan, Indonesia
Keywords: Growth Mindset, Participatory Action Research, Workshop Pendidikan, Adaptasi Teknologi Digital, Prestasi Akademik Siswa

Abstract

Pola pikir siswa, khususnya growth mindset, memainkan peran krusial dalam menentukan keberhasilan akademik dan ketahanan mental mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan pola pikir berkembang pada siswa SMA Ahmad Yani Baureno Bojonegoro melalui workshop berbasis Participatory Action Research (PAR). Metode PAR melibatkan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Workshop ini difokuskan pada pengembangan pola pikir positif, manajemen waktu, strategi belajar efektif, serta adaptasi terhadap teknologi digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang growth mindset, keterampilan manajemen waktu, dan adaptasi teknologi. Sebanyak 85% siswa melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan akademik, dan 78% mengadopsi strategi belajar yang lebih efektif. Guru juga melaporkan perubahan positif dalam sikap dan ketekunan siswa. Kesimpulannya, pendekatan PAR efektif dalam menumbuhkan growth mindset dan keterampilan hidup siswa, yang tidak hanya meningkatkan prestasi akademik tetapi juga ketahanan mental dalam menghadapi tantangan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-31
How to Cite
Wangi, N. B. S., Hapsari, A. D., Rodli, R., & Khulel, B. (2025). Workshop Pengembangan Mindset Positif untuk Prestasi Akademik di Era Digital di SMA Ahmad Yani. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39-45. https://doi.org/10.46367/khidmah.v2i1.2448

Abstract Views: 34 | PDF Downloads: 22