Workshop Pengembangan Mindset Positif untuk Prestasi Akademik di Era Digital di SMA Ahmad Yani
Abstract
Pola pikir siswa, khususnya growth mindset, memainkan peran krusial dalam menentukan keberhasilan akademik dan ketahanan mental mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan pola pikir berkembang pada siswa SMA Ahmad Yani Baureno Bojonegoro melalui workshop berbasis Participatory Action Research (PAR). Metode PAR melibatkan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Workshop ini difokuskan pada pengembangan pola pikir positif, manajemen waktu, strategi belajar efektif, serta adaptasi terhadap teknologi digital. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang growth mindset, keterampilan manajemen waktu, dan adaptasi teknologi. Sebanyak 85% siswa melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan akademik, dan 78% mengadopsi strategi belajar yang lebih efektif. Guru juga melaporkan perubahan positif dalam sikap dan ketekunan siswa. Kesimpulannya, pendekatan PAR efektif dalam menumbuhkan growth mindset dan keterampilan hidup siswa, yang tidak hanya meningkatkan prestasi akademik tetapi juga ketahanan mental dalam menghadapi tantangan di era digital.
Downloads
Copyright (c) 2025 KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

